KODI DKI Ikut Kolaborasi Tangani COVID-19

By Al


nusakini.com - Jakarta - Koordinasi Dakwah Islam (KODI) Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Forum Komunikasi Lembaga Dakwah (FKLD) DKI Jakarta dan Syiar Dai Indonesia (SDI) membentuk Satuan Tugas (Satgas) Dai Peduli Umat untuk membantu penanganan COVID-19.

Ketua KODI DKI Jakarta, Jamaluddin F Hasyim mengatakan, terbentuknya Satgas Dai Peduli Umat memiliki tujuan utama membantu warga maupun keluarga terpapar COVID-19.

"Ini merupakan bakti kepedulian kami kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) di sejumlah rusun di DKI Jakarta, termasuk di Rusun Rawa Bebek," ujarnya

Jamaluddin menjelaskan, melalui gerakan ini direalisasikan tiga program utama yakni, Layanan Peduli Isoman; Layanan Bimbingan Rohani Isoman; dan Layanan Korban COVID-19.

Layanan Peduli Isoman menargetkan bantuan bagi warga rusun dan masyarakat luas yang menjalani isoman di DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Tahap awal adalah Rusun Rawa Bebek, Rusun Pulo Gebang, Rusun Cakung Barat, Rusun Rorotan Cilincing dan Rusun Jatinegara," terangnya.

Menurutnya, untuk Layanan Bimbingan Rohani Isoman dilaksanakan dalam bentuk pendampingan rohani pasien dan konsultasi agama serta kajian tematik berkala secara online, baik via WhatsApp Group Isoman maupun secara daring.

"Ada juga Layanan Korban COVID-19 yang dilaksanakan melalui layanan fardhu kifayah jenazah berprotap COVID-19 dengan konsentrasi kegiatan di TPU Rorotan serta pelayanan Tahlil Online dari keluarga shohibul musibah," urainya.

Sementara itu, Ketua Syiar Da'i Indonesia (SDI) yang juga merupakan Ketua Pelaksana Satgas Dai Peduli Umat, Ustadz Rakimin Al Jawi menambahkan, kegiatan ini berjalan serentak, massif dan direspons dengan sambutan yang antusias.

"Alhamdulillah, antusiasme warga maupun pengelola rusun-rusun sangat baik," tandasnya.